Acara Apresiasi Purnabhakti Prof. Ir. Tommy Firman, M.Sc., Ph.D

Jumat, 1 Mei 2020 merupakan hari pelaksanaan Acara Apresiasi Purnabhakti Prof. Ir. Tommy Firman, M.Sc., Ph.D.
Guru Besar Program Studi Perencanaan Wilayah Kota yang telah mengabdi selama 45 tahun;

Dalam sambutannya pada acara online yang diselenggarakan oleh Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota pada tanggal 1 Mei 2020, Prof. Tommy Firman berpesan diantaranya agar tetap menjaga akar keilmuan Perencanaan Wilayah dan Kota ditengah perkembangan-perkembangan baru. Sebelumnya telah dilakukan juga serah terima Ketua Kelompok Keahlian Perencanaan Wilayah dan Perdesaan dari Prof. Tommy Firman ke Prof. Djoko Santoso Abi Suroso pada tanggal 29 April pada Rapat Kerja SAPPK yang dikuti Dekanat, Ketua Kelompok Keahlian, dan Ketua Program Studi di SAPPK.
Prof. Tommy Firman pernah menduduki jabatan sebagai Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (2000-2003), Direktur Program Pascasarjana (2003-2005), dan Ketua Senat Akademik ITB (2006-2008), dan Ketua Kelompok Keahlian Perencanaan Wilayah dan Perdesaan sejak Tahun 2013.

Prof. Tommy Firman merupakan promotor Doctor Honoris Causa Bapak Susilo Bambang Yudhoyono, Bapak Hatta Rajasa, dan saat ini sedang berlangsung Prof. Bambang Brodjonegoro.
Selama masa baktinya sebagai ASN, Prof. Tommy Firman menerima beberapa penghargaan, diantaranya yang terpenting adalah Habibie Award (2016) dan Hantaru-Hari Tata Ruang dan Agraria Nasional (2015)
Dekan dan civitas academika SAPPK ITB mengucapkan terimakasih yang sedalam-dalamnya atas kontribusi Prof. Tommy Firman. Selamat menjalani masa purnabakti sebagai ASN.

Jumlah partisipan  acara ini mencapai 102 peserta yang berlangsung mulai pukul 13:00 – 16:30 WIB yang dipimpin oleh Prof. B. Kombaitan dibantu oleh Ketua Program Studi Sarjana, Ridwan Sutriadi, Ph.D dan Kaprodi Magister/Doktor PWK, Ibnu Syabri, Ph.D. dan Operator/Host Zoom, Uly Faoziyah, ST. dan Pak Zaini.

Kesan dan pesan secara estafet disampaikan oleh : Ketua Program Studi Sarjana PWK, Dekan SAPPK, Ketua Senat Akademik ITB, Sekretaris Institut ITB, Ketua Senat SAPPK, anggota Advisory Board SAPPK, perwakilan dosen, perwakilan purnabhakti, rekan sejawat, perwakilan almuni S1,S2, S3, perwakilan mahasiswa S1, S2, dan S2, serta tokoh dan kerabat lain.

Seluruh kesan yang dirasakan para hadirin tentang Prof. Tommy Firman adalah sebagai sosok panutan/teladan bagi generasi muda khususnya di lingkungan SAPPK, berdedikasi, prestasi tinggi, baik bidang pengembangan keilmuan dan praktik perencanaan di Indonesia, bahkan karya tulismya sudah menjadi referensi berbagai international scholars.

Selain itu bagi para mahasiswa serta alumni merasa bangga pernah jadi mahasiswa dibawah bimbingan dan arahan Prof. Tommy Firman selama menimba ilmu di SAPPK-ITB. Oleh karena itu semua pihak mengharap agar Prof. Tommy tetap makin hebat sehat dan bahagia bersama keluarga semoga segala bhakti nya penuh berkah.

Ketua Senat Akademik ITB, Prof.Ir. Hermawan Kresno Dipojono,,MSEE,Ph.D., dalam sambutannya menyampaikan bahwa Prof. Tommy Firman saat ini sebagai pilar ITB karena prestasinya yang memiliki h-indeks scopus 22 -hanya beberapa orang saja yang memiliki h-indeks > 20 beliau adalah sosok panutan bagi gerenasi muda, sehingga SAPPK disebutnya beruntung memiliki Prof. Tommy Firman. Beliau sampaikan terima kasihnya kepada Dekan SAPPK yang tengah memproses status Guru Besar Emeritus bagi Prof. Tommy Firman sehingga masih berada di lingkungan ITB dan membimbing dan membina ITB.

Acara ditutup pada pukul 16:30 WIB sedangkan para partisipan masih berjumlah 73 orang, itu pun yang keluar karena ada kegiatan lainnya.

BY  · 02/05/2020

Berita Terkait