Acara Apresiasi Purnabakti Dr.Ir.Dewi Sawitri Tjokropandoyo, MT sebagai ASN

BY  · 02/06/2020

Selasa, 2 Juni 2020 merupakan hari pelaksanaan Acara Apresiasi Purnabakti Dr. Ir. Dewi Sawitri Tjokropandoyo, MT, atau biasa dipanggil Bu Dewi. Beliau adalah dosen Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) yang telah mengabdi sebagai ASN selama 33 tahun sejak tahun 1987. Beliau adalah lulusan PWK angkatan 1974. Beliau sempat menjadi sekretaris jurusan S1 PWK pada periode 1995 – 1998. Beliau juga berkiprah dengan cemerlang sebagai Ketua Tim PHKI PWK pada tahun 2010 – 2012 dan Ketua Tim Kurikulum Baru 2013. Dengan keterlibatan beliau yang intensif dalam kegiatan akademik, beliau didaulat menjadi anggota Senat SAPPK selama 5 tahun terakhir (2015 – 2020).

Jumlah partisipan acara ini sebanyak 118 peserta berlangsung pada pukul 13:00 – 16:00 WIB. Dalam acara apresiasi ini, rekan-rekan civitas akademika Prodi S1 PWK baik yang masih aktif maupun yang sudah purnabakti memberikan pesan dan kesan terhadap Bu Dewi, termasuk Ketua Program Studi S1 PWK, Ketua Program Studi S2/S3 PWK, Ketua Kelompok Keahlian Perencanaan Wilayah dan Desa, Ketua Senat SAPPK, Bu Nia K. Pontoh, Pak Zafir Pontoh, Pak Tommy Firman, dan Pak Tubagus Furqon sebagai kolega di prodi S1 PWK.

Selain itu, kesan dan pesan juga disampaikan oleh perwakilan alumni angkatan 1974 sekaligus mempersembahkan karya video mozaik foto-foto kenangan dengan Bu Dewi. Bu Dewi dikenal oleh teman-teman seangkatan sebagai pribadi yang istiqomah, serius dan senantiasa mampu memberikan solusi terhadap semua persoalan yang disampaikan kepadanya. Namun demikian, Bu Dewi selalu nampak cerah dan ceria. Mungkin oleh karena itu juga Bu Dewi terlihat cantik dan awet muda hingga sekarang.

Kesan dan pesan tersebut menyuarakan sosok Bu Dewi yang senantiasa menjadi teladan dan penuh perhatian terhadap rekan-rekan di prodi S1 PWK dan mantan mahasiswa seperti seorang Ibu atau seorang Kakak. Dalam mengemban tugasnya, Bu Dewi dinilai totalitas, memperhatikan hal detil, perfeksionis, memiliki kapasitas kepemimpinan yang baik dan berhasil menjadi akademisi yang “lengkap”. Dalam membimbing mahasiswa, Bu Dewi cukup keras, menerapkan proses yang runut, namun memberikan pembelajaran yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa dalam menyelesaikan perkuliahan dan juga dalam fase kehidupan berikutnya. Beliau juga merupakan sosok dosen yang rendah hati, tulus, dan ingat mahasiswanya.

Beberapa persembahan lain yang menghangatkan suasana acara apresiasi ini, antara lain: video lagu “Widuri” dan “Sepanjang Jalan Kenangan” dari rekan-rekan dosen dan asisten, video lagu “Terimakasih Guru” dari alumni Planologi Angkatan 1988 sebagai salah satu mahasiswa wali Bu Dewi, video kesan pesan dan lagu dari alumni S3 PWK, video kejutan “We Love You, Nini” dari cucu-cucu kesayangan Bu Dewi, video kesan-pesan dari mahasiswa Planologi angkatan 2018, ucapan dari anak-anak Bu Dewi, video lagu ciptaan Septyani Tri Erlida (Planologi 2016) berjudul “Terima kasih, Bu Dewi”, video lagu dari dosen-dosen PWK, dan video kesan pesan dari alumni S1/S2 PWK. Terakhir, video ucapan spesial pun diberikan oleh suami Bu Dewi tercinta.

Acara ini disempurnakan dengan peluncuran buku ajar mata kuliah Metode Analisis Perencanaan (MAP), salah satu mata kuliah yang diampu oleh Bu Dewi. Peluncuran ini disampaikan oleh perwakilan dosen MAP, Dr. Fikri Zulfahmi. Beliau menyampaikan terima kasih banyak kepada Bu Dewi dalam pengembangan mata kuliah ini selama ini, dan juga pembelajaran yang diberikan kepada tim pengajar MAP. Buku ajar ini merupakan buku yang ditunggu-tunggu oleh mahasiswa dan akan sangat bermanfaat.

Bu Dewi menutup acara dengan ucapan terima kasih atas pengalaman, kerja sama dan pertemanan yang diberikan oleh civitas akademika PWK ITB. Beliau juga mendoakan kemajuan PWK ITB.

Dekan dan civitas academika SAPPK mengucapkan, “Terima kasih banyak dan selamat menikmati masa purnabakti, Bu Dewi. Semoga sehat selalu dan senantiasa bahagia bersama keluarga. Bimbinganmu untuk dunia pendidikan Perencanaan Wilayah dan Kota masih dinanti.”

Berita Terkait