Perkembangan Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota

Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota merupakan salah satu program studi yang berada dalam SAPPK (Sekolah Arsiterktur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan) ITB. Bertolak dari kebutuhan perencanaan dan ruang lingkupnya semakin luas dan kompleks, maka September 1959 didirikan Tata Pembangunan Daerah dan Kota (TPDK).

Untuk jenjang pendidikan lanjut tahun 1982 didirikan Program Magister Perencanaan Wilayah dan Kota bekerja sama dengan Development Planning Unit, University Colledge London. Tahun 1986 dibentuk Program Doktor Perencanaan Wilayah dan Kota.

Saat ini Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota menyelenggarakan program Double Degree bekerja sama dengan Rijk University Groningen (RUG-Belanda), ITC Belanda dan beberapa perguruan tinggi di Jepang (Kobe, Keio Ritsumeikan, GRIPS, Miyazaki, Yamaguchi).

Tujuan dan Sasaran Program

Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan serta membentuk sikap dalam tiga hal, yaitu pola pikir dan wawasan rasional yang komprehensif kemampuan berpikir strategis dan analitis untuk mendapatkan alternatif terbaik, dan kemampuan merumuskan alternatif pemecahan persoalan pembangunan yang dapat dipertanggungjawabkan secara teknis dan moral, serta disepakati oleh banyak pihak.

Untuk mencapai tujuan tersebut, maka sasaran dari program studi ini adalam membentuk tenaga perencana wilayah dan kota dengan kualifikasi akademik dan profesional yang mampu berkiprah di dalam Perencanaan Wilayah dan Kota.